Tentang Kehidupan

Apakah kau pernah merasa hidupmu kurang sempurna ? , ingin yang lebih ? dan bahkan ingin lebih dari segalanya .

Namun apa dengan kamu sempurna apa bisa kamu bahagia ? 

Cobalah untuk melihat keadaan seseorang yang berada jauh dari kemudahan . Siapa mereka ? , mereka adalah manusia biasa seperti kita yang memiliki beban lebih berat dari kita , mungkin jika digambarkan dalam game mereka adalah para dewa game .

Mereka kadang tak peduli bisa sukses atau tidak , yang penting hari ini , besok atau lusa masih bisa menikmati nasi hangat .

Kemarin aku lihat beberapa kuli bangunan yang sedang istirahat . Kulihat  mereka sedang tertawa bahagia , entah apa penyebabnya mungkin saja salah satu dari mereka sedang bergurau . Tapi menurutku hidup mereka lebih berat dariku , hanya saja mereka tidak mengeluh .

Lalu apakah kalian orang yang suka mengeluh ? Berkacalah

Kadang juga kita suka membicarakan keburukan orang lain . Pertanyaannya "Apa sih untungnya ngomong dia ?" biar kita tenar karena suka ngomongin orang lain ? . Aku rasa tidak , lebih baik jangan berbicara tentang keburukan orang lain , ingat karma masih berlaku .

Aku juga sering melihat orang yang sudah tua renta sedang sibuk berjualan , kadang mereka berteduh dibawah pohon karena hari itu panas , ada juga yang terus melanjutkan perjalanannya supaya dagangannya habis terjual .

Dan terlintas dikepalaku ketika melihat para orang tua ini "Kemana anak mereka ?". Apakah anaknya sudah sukses lalu melupakan orang tuanya atau mungkin anaknya sedang bekerja keras sama seperti mereka . Tapi , mereka sudah tua renta , sudah waktunya untuk menikmati masa tua dengan bahagia , tanpa beban pikiran dan beban dipundak .

Tapi apa yang bisa kulakukan ? , aku hanya melihat mereka bermandi keringat dibawah teriknya matahari . Sebenarnya aku ingin membantu , tapi bantu apa ? , mereka tidak mau jika diberi uang , mereka hanya ingin apa yang dijual mereka hari ini habis .

Mereka bukanlah orang sombong , mereka hanya tidak ingin mendapatkan belas kasihan dari orang lain . Karena apa ? , karena "saya masih mampu , Nak" (Ibu penjual buah) .

Saat itu aku hanya tersenyum dan membeli beberapa dagangannya walau sebenarnya aku tidak membutuhkan .

Mungkin inilah orang-orang yang disebut Pak Habibie , orang-orang tahun '45
"orang-orang tahun 45 adalah orang-orang yang tidak kenal menyerah , yang ada dipikiran mereka hanyalah MERDEKA atau MATI"

Kadang juga banyak orang yang berbicara tentang dirimu , tentang sikap baik ataupun yang jelek . Lalu kamu harus apa ? , menutup jutaan mulut mereka dengan tangan mu ? . Tidak , lebih baik tutup telinga mu dari kicauan orang-orang yang bisa saja iri terhadap kamu .

Dan jika menurut kamu , kamu telah berbuat baik tapi orang lain berbicara keburukan kamu , itu bukan masalah kamu , orang itu punya masalah dengan mulutnya .

Tapi menurut aku hidup ini nikmati saja , baik kita kenang dan buruk kita buang . Jika banyak omongan orang yang membuatmu menjadi tak berarti , biarkan saja mungkin mereka belum sarapan tadi pagi .

Hanya itu saja . Sekian dan Terima Kasih

Post a Comment

0 Comments